Cara Mudah Merawat Baterai Laptop

by - 00.53.00

 


Baterai laptop termasuk komponen penting dalam laptop, kalau diibaratkan, processor adalah otak dan baterai adalah jantungnya. Penting sekali menjaga kualitas baterai laptop agar kinerja laptop kita tidak terganggu. Namun, kebanyakan orang *termasuk saya* tidak paham cara merawat baterai laptop yang benar. Setelah blogwalking ke tetangga sebelah, akhirnya saya mendapat serentetan cara yang simpel namun bermanfaat untuk menjaga performa baterai laptop kita. Berikut cara cara menjaga baterai laptop yang baik dan benar :)



1. Jangan melepas baterai jika laptop dalam keadaan menyala.
Tentu saja ini adalah tindakan bodoh, melepas baterai saat laptop masih menyala. Pencabutan paksa ini dapat memberi pengaruh buruk kepada laptop kita. Matikan laptopmu terlebih dahulu jka ingin mencabut baterainya.

2. Charge baterai laptop secukupnya.
Hindari mencharger laptop anda terlalu lama, apa lagi dalam kondisi laptop yang mati. Jika laptop dicharge terlalu lama, akibatnya adalah laptop menjadi panas, komponen lainnya rusak, dan daya baterai dapat berkurang. Charge baterai laptop anda secukupnya, bila sudah mencapai 100% segera cabut dari sambungan arus listrik.

3.  Jangan memakai laptop hingga baterai habis (0%)
Menggunakan laptop sampai baterai habis dan mati dapat merusak komponen laptop lainnya. Lebih baik charge laptop anda apa bila baterai telah mencapai angka 15%.

4. Lepas baterai jika laptop tidak di gunakan dalam jangka waktu panjang.
Ini penting namun sering di abaikan. Membiarkan laptop terbengkalai dengan keadaan baterai yang tak terurus dapat menyebabkan logam bagian dalam baterai menjadi berkarat. Lepas baterai dan simpanlah di tempat yang sejuk dan lering.

5. Kurangi frekuensi melepas baterai.
Terlalu sering melepas baterai akan menyebabkan longgarnya tempat baterai laptop

6. Gunakan Cooling-Pad.
Laptop yang lama digunakan sudah pasti akan menjadi panas. Panas ini dapat mengganggu kinerja laptop (menjadi lebih lemot) dan menguras daya baterai kita. Untuk itu, gunakan Cooling pad pada laptop agar suhu dan sirkulasi udara pada laptop tetap terjaga.

Sumber Inspirasi . Selamat merawat laptopmu :)

You May Also Like

5 komentar

Pengunjung yang baik selalu meninggalkan komentar :)